•
Bidang Pendidikan
Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based
Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer
dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE.
Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan
pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk
memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran
berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan
data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan,
beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar,
dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut
dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal,
komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan
pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library)
atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi
perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan
sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui
internet yang dikenal dengan elektronic learning (e-learning).
Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat
internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat buku-buku
atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga
bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video
conference (teleconference).
•
Bidang Industri dan Manufaktur
Di bidang
industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesinmesin produksi dengan
ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor)
pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),
CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain)
sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal
sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri
garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan,
membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga
memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam
sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan
manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang
komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer, memasang
komponen-komponen pada perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan
lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat
lain telah dikontrol oleh komputer.
•
Bidang Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis
baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan
transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi
dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi
Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan
sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang
perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan
kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin
cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga
mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya
secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung
rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang
perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle,
yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial.
Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM,
dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
•
Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat
bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi
tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk
keperluan penelitian dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi
dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya,
misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul.
Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya
mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang
bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan
kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada
bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan
konstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar
ruang secara tiga dimensi.
•
Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan
dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan
pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti
keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk
mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet
dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Di bidang militer
komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi
kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandisandi rahasia militer.
•
Bidang Kedokteran
Di bidang
kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan riset
bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit, menemukan
obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit
dilihat.
Sistem CAT (Computerized
Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar
seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan
untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor),
yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon
Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan
gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu
gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography)
juga merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop
radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik
mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom
hydrogen.
Saat ini telah
ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus
memberi obat.
•
Bidang Kriminalitas
Komputer dapat
digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung
keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil
kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas,
melakukan sidik jari, dan sebagainya.
Sistem komputer lain yang digunakan
untuk bidang kriminalitas adalah :
·
PROMIS (Prosecutor-Offender
management Information System), yang dapat memberikan informasi mengenai
masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan
informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke pengadilan.
·
CATCH (Computer-Assisted
Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara
mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer.
·
MOTION (Metropolitan
Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi tentang
orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama samaran,
sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
·
ARJIS (Automated
Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan
tingkah laku pelaku kriminal
•
Bidang Entertainment dan Games
Saat ini
komputer tidak saja digunakan pada bidangbidang pekerjaaan dan penelitaian
saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment
misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik.
Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga
dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special
efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau
kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan
kartu.
•
Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan adanya komunikasi
jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan internet, rasanya manusia
yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang
dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet
manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi
audiovisual secara langsung.
Pengguna
internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ; informasi
berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau pembayaran
on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling
menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar
hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
•
Bidang Pemerintahan
Hampir setiap
perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer.
Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha,
pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data
penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government
adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah
dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan
hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government
to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship).
Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat
penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan
pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah, mayarakat, dan
pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan pariwisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan
bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan untuk
pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain
itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif
dan legislative pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui web
yang dibangun pemerintah setempat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar